Selasa, Maret 16, 2010

Get Dressed!!

Sebagai seorang pekerja, saya sudah biasa berpakaian rapi tiap pagi sebelum berangkat ke kantor. Meskipun punya baju seabrek-abrek, rasanya masih susah untuk memilih baju untuk ke kantor. Banyak alasannya, antara lain bajunya masih di Laundry (diseterikain), bajunya kotor semua belum dicuci (nyucinya nunggu warna yang sama biar ga luntur), baju yang sudah diseterika rapi terlalu ketat (salahkan kepada obesitas), dan for me baju ketat is big no no.

Oke, setelah 5 hari seminggu berurusan dengan baju kantor, capek dong rasanya.. dan Wiken adalah saat kebebasan untuk memilih baju semaunya. Horee.. bisa pake kaos dan jins (rok).. jilbab juga norak gak papa-papa..

Kalau pulang kerja mau langsung pergi, ga usah ganti baju lagi.. walaupun bekas seterikaan udah ga ada, tapi kan masih oke. Tinggal bawa extra diapers dan susu buat Latifah (atau baju ganti buat suami yang kalo kerja pake baju pabrik), then we all set to go.

Masalah terjadi ketika malam hari sepulang kerja kita istirahat dulu baru jalan-jalan. Rasanya cape kalo harus milih-milih baju lagi. Belum ribet ditungguin suami dan anak kan biasanya mau sholat sekalian di masjid. Akhirnya pelariannya ke .. abaya. Ato pake baju seadanya.

Nah, karena aku emang pada dasarnya MALAS, in my previous life, abaya-ku dicuci langsung di washing machine. And yes, jadinya semua bordirannya lepas. But strange enough, 2 abaya yang "njrawut-njrawut" jadi baju favorit kalo males dandan. Kainnya yang adem, dan karena sudah berumur dipake nyaman sekali. Abaya baru yang bagus, biasanya sekali dua kali pake sudah bau. Tidak menyerap keringat, dan kalo nyuci harus pake tangan (kali ini sudah sadar, ga pake washing machine nyucinya). Dan udah kadang ga sempat nyuci, nunggu minimal 2 abaya bagus baru dicuci, kemudian diseterikain di Laundry juga lama jadinya.

Tinggal dipakein abaya, pake kaos kaki, get set, and go!.

Dulu sih sudah pernah diingetin suami kalo pergi-pergi, baik jauh ataupun dekat pake baju yang bagus, alasan utamanya biar ga disangkain pembantu. Dan memang sih, ibu-ibu temenku kalo pergi ke mall, bajunya bagus-bagus semua.. tasnya juga, dan mereka tampil cantik lah. Beda sama aku yang males dandan ini (dan malas merapikan diri)

Nah mungkin karena akhir-akhir merasa capek banget, jadi biasanya pake abaya "favorit itu", tas bagus (yang gak dedel duwel), dan pake kacamata. Biasanya sih suami ga pernah komplain.

Sampai pada suatu saat kita ke City Center (sekitar seminggu yang lalu), dengan aku pake baju kebesaranku itu. Sampai Di Carrefour yang cahanya terang, suami terkejut. "Sayang, itu abayanya kok benangnya lepas semua? (njrawut-njrawut?)", tanya suamiku. Dengan kaget aku memeriksa, dan Ya Allah, ternyata memang jahitan di bordiran sudah ga karuan bentuknya. Dan aku tiba-tiba merasa MALU.. Duuuh, semoga ga ada orang yang kukenal di sini.. Hiks.. masa akuntan embassy bajunya kaya gini?, pikirku dalam hati. Dan suamiku trus bilang lagi, "Haduh sayang kalo temenku ngeliat kamu kaya gini nanti dipikir kamu ga pernah dikasi duit buat beli baju, malu dong aku". Hiks.. hiks.. semakin sedih saja rasanya.

Well.. akhirnya suamiku menyuruh beli abaya bagus lagi, katanya kalo perlu beli 4 sekalian. Dan buang aja abaya jelek itu. Hiks.. bener juga sih.. selama ada abaya jelek (favorit) itu, pasti akan kupakai terus kalo terlihat sudah rapi di gantungan. Sampai sekarang sih masih belum dibuang.. dan juga belum beli abaya lagi. Tapi kapok deh rasanya pergi-pergi kalo ga pake baju yang rapi.

Dan menjadi tersadar lagi, waktu pengajian dengan Ustadz Zainal Abidin di Dukhan kemaren, kalo Allah itu menyukai yang indah, dan kita juga harus menikmati hidup. Caranya salah satunya yang menghargai diri sendiri kali ya.. pake baju yang pantas dipakai.

Best Regards,
Shanti


7 komentar:

Isti mengatakan...

Islam menyukai keindahan..btw, ada bagaimana peluang kerja di qatar mba?hehe..

Si bulet mengatakan...

mengutip "Dulu sih sudah pernah diingetin suami kalo pergi-pergi, baik jauh ataupun dekat pake baju yang bagus, alasan utamanya biar ga disangkain pembantu."

ahahaha sama mba, suamiku jg pernah bilang spt itu ke aku :(

Dian mengatakan...

Alo...salam kenal ya dari malang ! Hmmm....aku setuju banget kalo kita harus bisa mengahargai diri kita sendiri, karena kalo kita gak bisa menghargai diri kita sendiri bagaimana orang lain bisa menghargai kita dan kalo kita bisa terlihat rapi dan bersih tentunya sedap di pandang mata terutama oleh pasangan kita heheheh

Dwi Wulan mengatakan...

hehehe..ayooo koleksi abaya lagiii Jengg..;)

Shanti Fahlevi mengatakan...

All: hehehe.. sudah borong abaya sebelum umroh kemaren:))

Ndutyke mengatakan...

Setuju sama Pak Ustadz. Tp akupun masih males dandan kalo dirumah. Kasian suamiku ngeliat akunya dasteran melulu, dan jadinya merasa agak bersalah. Kok pake baju bagusnya cm pas pergi2 doang :(

Shanti Fahlevi mengatakan...

gpp sih dasteran di rumah.. asal yang bagus aja.. jangan yang compang-camping.. (yang ini kadang can't help it.. helloo.. susyah ya cari daster yang cocok di sini.. apalagi daster batik kencana ungu.. mana adaaa..:))