Senin, September 01, 2008

Borong emas yuuuk...

Sudah lama rasanya ga posting yang bermutu.. ga tau kenapa kok rasanya malas melanda.. Sekarang kembali menyapa penggemar (gaya!!!) (foto diambil dari sini.). Ini postingan kedua tentang emas setelah yang ini.

Dalam sebulan kemaren sempat terjadi "huru hara" di Qatar. Ono opo?? Hehehe.. dikarenakan harga emas dunia yang turun drastiiis.. setelah naik gila-gilaan mencapai QR 115 per gram menjadi QR 89 per gram (CMIIW). Booo... gold souq langsung rame.. dan lebih gilanya lagi, stok emas batangan di Al Fardan Exchange (silakan bagi ibu-ibu yang ingin membeli) sempat kosong selama 3 hari karena diserbu orang-orang India. Gimana ga kosong, harga gold bar (orang India sering juga menyebut gold biscuit) dari QR 13,500 menjadi QR 12,200 .. hehehehe... gold bar yang saya maksudkan untuk ukuran 10 tolas (= 116,6 gram).

Yah memang untuk (most of) orang India emas itu seperti kebutuhan pokok sudah. Apalagi yang mempunyai anak perempuan, dipastikan ikut memborong emas kemaren, untuk kepentingan dowry ( A dowry (also known as trousseau or tocher) is the money, goods, or estate that a woman brings to her husband in marriage, diambil dari sini. Ato kurleb ya mas kawin dari bride to her groom). Ga tanggung-tanggung, dowry bisa sampe ratusan gram loh... byuuuh!!

Eniwei.. terimbas dari gold rush ini, saya akan memberikan info subyektif tentang per-emasan di Qatar. So bagi ibu-ibu yang demen emas (ato bapak-bapak yang ingin memberikan hadiah emas), baik yang perhiasan ato batangan bisa lebih puas dalam berbelanja.
  1. Harga emas di Qatar sesuai dengan harga internasional, jadi kalo ditanya murah mana sama Indonesia, rasanya kok sama saja. Kecuali kemaren menurut info teman, di kala harga emas di Qatar turun drastis, ternyata di Indonesia masih mahal. Saya ga tau kenapa. Yang jelas, emas di Qatar kualitasnya bagus
  2. Harga beli emas batangan sudah ditentukan dari sononya, dan harganya pun tergantung beratnya. Misal emas 10 tolas harga per gramnya lebih murah daripada emas 5 tolas. Kenapa saya menggunakan tolas? karena rata-rata satuan yang digunakan penjual emas di sini ya tolas itu. 1 tola = 11.66 gram.
  3. Harga beli emas perhiasan ditentukan dengan ongkos pembuatan per gramnya. Ingat, ongkos per gram. Yang berkisar antara QR 6,5 - QR 32 per gram.
  4. Di toko tertentu (misal Damas), perhiasan bisa dikembalikan dalam jangka waktu tertentu. Jadi kalo misal belum yakin dengan perhiasan yang akan dibeli, lebih baik confirm dulu dengan penjualnya, bisa ga dibalikin. Biasanya meski peraturannya ga boleh, mereka bisa ngasi waktu 1 hari untuk pikir-pikir, hehehehe...
  5. Persentase emas yang di jual di sini mulai dari 18 krt, 21 krt, 22 krt dan 24 krt (hanya untuk emas batangan)
  6. Desain emas 18 karat sangatlah bagus, tetapi sayang "hanya" 18 karat. Konon emas 18 krt lebih disukai wanita Arab karena bentuknya yang menawan dan indah.
  7. Emas 21 karat sangat jarang didapatkan, seingat saya hanya ada beberapa merk yang menyediakannya. Desainnya juga bagus-bagus.
  8. Emas 22 karat adalah yang paling banyak terdapat di sini, dengan model INDIA.. hehehehe. Atau model-model yang sangat besar sehingga hanya cocok dipake ke pesta. Tapi kalo bicara masalah ras, orang India ini, meskipun bayi-yi, emasnya pun sudah goede-goede. Sampe anting saya sekarang adalah anting emas untuk bayi.. hiks..
  9. Size does matter. Inilah yang bikin teman-teman malas beli emas di sini, karena postur kita yang kecil, jadi kalo ada perhiasan yang disuka, seringnya kebesaran, terutama untuk gelang dan cincin. Tentunya pengecualian bagi ibu-ibu yang bertubuh tinggi dan besar..
  10. Di Qatar, setau saya, untuk ongkos pembuatan yang paling murah adalah Joyalukkas, terletak di Musheirib, dekat Mannai Travel, tetapi ya harus ngotot nawarnya. Ga usah malu nawar, karena penjualnya kan India dan mereka biasa menghadapi konsumen India yang lebih garang waktu nawar. Tapi selebihnya, seperti Damas, Sky Jewelry, Atlas ato toko emas yang di dalam Carrefour sekitar QR 12 per gramnya. Tergantung model juga.
  11. Harga emas dalam 30 hari bisa dilihat di sini, dan harga emas per gram di sini.
  12. How about diamond? wah, kurang info saya, secara teman-teman India saya tidak pernah membeli berlian, hehehe.. yang jelas sekarang ibu-ibu Indonesia banyak yang jualan berlian Banjar/Kalimantan, yang jelas beda dengan berlian yang dijual di toko sini
Oke, semoga postingan ini bisa menjadi guide untuk membeli emas di sini. Nanti akan saya tambahkan info tentang cara bawa emas ke Indonesia setelah mendapat penjelasan dari teman di bea cukai..

7 komentar:

dwiwoelan mengatakan...

Weiss..Jeng juga borong emas juga? hihi..kayaknya yang masuk untuk org INA yang 18 karat ya?...

dhie mengatakan...

Pic yang di atas kira2 berapa kilo ya? ;)

Mo nge borong emas juga ach....

Poppy mengatakan...

Mau ikutan borong mas aahh...sayang duitnya ga ada hiks2 :D

Emi mengatakan...

yg di foto itu apik ya...

umi mengatakan...

hehehe...kecele aku...hrg emas turuuuun pdhl kt pegawai damas pasti naik terus hiks sutralah..lah mas-ku sing asli ra turun2 beratnya malah tambah nyempluk perute.. piye iki?

budhe mengatakan...

mas Singapur kan banyak juga dijual disini tu Bun...trus bagusan mana ya ma yg dari Saudi,syiria,Bahrain dan negara lainnya...

Bukan penggemar mas sih...tapi sapa tau ntar klo' dah cukup uang kepincut juga hiii gaya ah...

Keren nich makasih Bun....

Shanti Fahlevi mengatakan...

emas singapore di sini ongkosnya sekitar 16 real per gram.. tapi sekali lagi juga tergantung dari model..kalo kualitas si saya ga tau.. hehehe...