Kamis, Juli 17, 2008

Food..Glorious Food..(III)

Sebagai penggemar makanan (dan makan tentunya), rasanya wajib bagi saya untuk memberitahukan makanan yang endang bambang di Doha ini. Episode kali ini akan membahas makanan alternatif bagi keluarga Indonesia yang sedang malas memasak dan bosan pergi ke restoran Indonesia ato waralaba fastfood. WAITTT... Sekarang dibahas dulu deh tentang resto Indonesia ini..

Restoran Indo di Qatar, secara resmi, tidak begitu banyak, antara lain:
  • Qatindo, di dekat Bus Station Al Ghanim
  • Sentral, di Mughalina
  • Restoran Minang di Souq area deket Boat R/A
  • Restoran Surabaya di Wakra (sudah tutup katanya)
  • Restoran Selera Nusantara di Wakra
Sedangkan yang tidak resmi ada banyak sih, biasanya di perumahan perusahaan tertentu. Yang catering juga banyak, dan yang menyediakan bahan makanan Indonesia seperti tahu, tempe, tauge dan segala macam jajanan Indonesia juga ada. Sayangnya ketika sedang menulis blog ini langganan saya tempat untuk "njajan" sedang tutup. Insya Allah sekitar Agustus akan buka lagi, secara resmi, dan akan menjadi salah satu restoran Indonesia di Qatar. Nanti diupdate deh...

Sekarang ke makanan alternatif nih. Makanan ini mempunyai rasa yang khas yang akhirnya juga bisa membuat kangen loh.. Here is the list:
  • Shawarma. Penampakannya mirip twister KFC (mungkin KFC niru shawarma kali ya..). The best shawarma in town kami temukan di Matar Qadeem street, pas di samping Jakarta Food Stuff, supermarket Indonesia. Ada juga yang enak di sebelah kanan YellowCab Pizza di TV R/A Markhiya. Harga berkisar QR 4-5.
  • Barbeque Chicken. Ayam bakar ini bisa didapatkan di setiap sudut di Doha dengan harga QR16-18. Saking banyaknya restoran yang menjual ayam bakar ini sampai lupa nama-nama restorannya. Coba aja tanyakan ke restoran yang menjual Roasted Chicken (ayam yang dibakar sambil diputar dalam lemari api), rata-rata mereka mempunyai BBQ Chicken. Kita paling cocok yang spicy.
  • Chinese food. Ada banyak restoran di Doha, dan rasanya so-so ajah. Great wall so far is the best, terletak di deket Hotel Ramada. Chinese food yang murmer di Dragon, City Center dan Orient Express di Hyatt Plaza. Tahukan anda, the best Mie Goreng Indonesia in town di mana? Di Wok Me Restaurant, Moevenpick Hotel. Sayangnya per porsi sekitar QR 40..
  • Kofta dan kebab. Kofta adalah sejenis daging giling yang dicampur dengan telor dan rempah-rempah arab dan dibakar. Kebab adalah semacam sate tanpa dressing. Berhubung ini negara Arab ya banyak sekali yang enak-enak. Tapi yang paling enak dan pas di kantong adalah Kebab King. Tempatnya di Airport Road dekat Dasman. Al Tazaj juga lumayan.
  • Thailand food. Yang murmer ada tiga, Thai Smile, di Mughalina, Thai Snack di Al Nasser Street deket Doha Clinic, ASIAN Traditional Restaurant di deretan Yellow Cab Pizza, Markhiya.
  • Makanan Filipin. Makanan ini paling cocok di lidah karena memang makanannya memang mirip makanan Indonesia. Bahkan mereka punya es campur yang namanya Halo-halo, segar sekali diminum di waktu summer ini. Makanan lain yang recommended adalah Bulalo (sop lutut sapi), Sour Soup (sayur asem), Fried Milk Fish (bandeng goreng), Kangkong (ya kangkung itu), Fried Manok (ayam goreng), Chicken Adobo (ayam kecap), dan macam-macam deh. Tinggal tanya aja kalo di restoran filipin tentang arti makanan mereka. Restoran Filipin yang kita tau adalah Rotana di deket Jaidah flyover B ring road, Choice Rest di Bin Omran depan Al Ahli hospital, Florian di City Center Lt. 3, ASIAN TR.
  • Indian Food. Oke.. ini adalah restoran yang paling banyak di Qatar ini. Makanan kesukaan kita adalah Nasi Biryani, Paratha sandwich, Chicken curry and paratha dan Chicken Tandori
  • Makanan Turki. Nasi bukhori, dengan porsi yang bisa kita makan 3 kali
  • Kalo ingin makanan buffet, tinggal ke Ponderosa. Di sini ada pake Take Away QR 35 yang bisa kita makan 3 kali. Di sini andalan kita adalah chicken wing, meatball, dan pasta.
  • Masakan korea, ada di ramada junction. Kita ga begitu suka si, walaupun kata orang-orang enak.
Yah sementara segini dulu informasinya.. Nanti akan diupdate lagi..

Tidak ada komentar: