Rabu, Juli 30, 2008

Tolooong, seterikaan menggunung...

Itu sih cuma judul aja, ga jaman lagi sekarang minta tolong karena setrikaan menggunung, meskipun di sini. Berhubung di Qatar ini susah banget cari pembantu, maka ibu-ibu yang dulunya menggantungkan kerjaan rumah pada pembantu harus lebih "membanting tulang" mengurusi rumah. Capek? Tentu saja, karena tuntutan di sini juga lebih banyak daripada di Indonesia. Contoh kecilnya, kalo pengen sate ayam madura, ga akan bisa hanya menunggu tukang sate di depan rumah.. Ya harus beli di warung Indonesia, yang jauh, dan "mahal" pula. Pengen gampang ya bikin sendiri, alias masak..masak.. masak... Habis masak siapa yang bersihin dapur? Ya teuteup... Sang Ibu tentunya...

Back to seterikaan.. Di saat masalah mencuci baju tidak ada masalah, karena kebanyakan mesin cuci di sini otomatis (dan murah). Bahkan ada yang kering 100%. Tapi hati-hati.. baju suami banyak yang "mungsret" (mengecil) karenanya.., pengalaman tinggal di bachelor accomodation, hahahaha... Kalo cucian ga masalah, giliran seterika yang maleeess.. Kecuali bener-bener hobi setrika sih..

Akhirnya bagi yang tak hobi menyetrika menyiasati dengan hanya menyeterika baju-baju pergi. Baju rumah dan pakaian dalam hanya dilipat. Ada juga yang ketika mengeringkan cucian dikibas-kibaskan dulu baru ditaro di hanger dan dijemur. Ketika kering, baju sudah tidak begitu kusut lagi. Ada juga yang hanya men-steam bajunya. Hasilnya lumayan kok.

Ketika bener-bener tak punya waktu untuk semua kegiatan di atas, hanya satu pelariannya : LAUNDRY service. Wah.. mahal donk?? ternyata.. TIDAK. Laundry-laundry kecil yang bertebaran di seluruh Doha ini menawarkan tarif beragam untuk service setrika. Jaman dahulu, hanya QR 1 per baju, dan QR 4 untuk abaya. Sekarang ini setelah survey, paling murah adalah QR 1,5 per baju, dengan abaya tetap QR 4.

Dimana.. dimana..?? Di daerah westbay ini ada 1 laundry murah, yaitu di University Petrol Station. Kalo di Bin Omran, susah deh jelasinnya, pokoknya deket Ustadz Amir (siapa lagi beliau yah?? ) dan TERMURAH di Doha, so far. Sedangkan rekor laundry termurah di Matar Qadeem street adalah deket Amwaj Cafeteria dan deket Hot Bread. Lupa namanya euiy.. Informasi dari teman, di Salata Qadeem juga ada, dan juga di daerah souq. Kalau dekat akomodasi ada laundry coba aja survey yang termurah. Sah-sah aja kok. Sekarang jangan susah lagi ya ibu-ibu.. help is on your way.. :)

4 komentar:

novi mengatakan...

eh sama dong,gue kalo males nyuci juga masukin cucian ke laundry kiloan (laundry yg di hitung per kg jd bukan per potong)...murah,meriah,bersih hahahahaha

Shanti Fahlevi mengatakan...

Itu mah jaman kuliah Nov, cucian ditunggu numpuk seminggu biar ga rugi.. hahahaha...

umi mengatakan...

Shan kayaknya aku cukup sekali deh bawa setrikaan ke laundry, secara hasilnya tidak memuaskan kata pae masih bagusan setrikaan umi hehehe
urusan setrika menyetrika...kayaknya aku salah satu yg hoby menyetrika deh (wedeww) semua pakaian aku setrika looh kecuali baju tidurku yg emang "kering-pake"
ada kepuasan tersendiri kalau abis nyetrika..pa lg stlh pakaian dimasukin lemari, tuh lemari gak langsung ditutup tp isinya dipandangi dulu hahaha aneh ya..but thats me!

Shanti Fahlevi mengatakan...

saluuuut...:)