Kamis, Juli 31, 2008

Paratha..

Pagi-pagi di Doha mau sarapan apa ?.. Nasi pecel jelas ga ada, bubur ayam? lontong sayur apalagi... Kecuali kalo hari Sabtu di Bu Tami kali yee.. Salah satu alternatif sarapan adalah Paratha, makanan India. Fotonya diambil dari sini. Paratha ini apaan sih? Bagi yang suka makanan Malaysia pasti sudah tau deh, mereka bilangnya roti cane / cannai (??).

Roti ini aku bilang adalah roti India yang ter-enak. Rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal dan baunya yang haruum telah menohok hatiku, hehehehe.. Bagi ibu-ibu yang ga doyan (spices) makanan India pun silakan dicoba. Ga ada rasa Indianya blass.. Suer deeeh..

Roti ini hanya tersedia saat pagi, sampe jam 11-12 an. Kalo kita beli di warung-warung India yang bertebaran di seluruh kota, pasti kita menerimanya dalam keadaan panass, dibalut alumunium foil. Harganya cuma 0.75 real per lembar, dan aku makan 2 lembar aja sudah amat sangat kenyang sekali.

Paratha (orang India bacanya porotha) ini disajikan dengan curry, baik chicken, lamb ato fish curry. Tapi kalo kare India ya rasanya India banget, yang akan membekas di tangan dan memberikan polusi ruangan yang cukup "wah" ketika dimakan. Aku suka chicken curry, dan yang ter-enak masi di Matar Qadeem. Bila ingin menu lain, coba order Paratha Sandwich, isi telor. Telornya bisa pedas ato tidak. Kalo nemu paratha egg sandwich yang enak, serasa makan martabak telor looh.. hmm slurp.. Tentu saja jenis sandwichnya banyak sih, tapi ga pernah coba yang lain. Takuuuut.

Kalo ingin makan paratha tanpa campur tangan orang India, gimana donk? Well.. memang porotha yang enak biasanya malah di depot-depot yang khusus lelaki (perempuan dan family dilarang masuk), jadi ya terpaksa menunggu suami untuk membelikan. Tapi jangan kuatir ibu-ibu, ada paratha frozen kok, malah lebih variatif, ada yang vegetable, cheese, plain,.. macam-macam deh pokoknya. Kalo pengen tinggal goreng aja dengan sedikit minyak. Kalo suka tuna, boleh diisi tumisan tuna dan sayuran.. jadilah sudah paratha sandwich yang enak dan bersih.

Ga selamanya makanan India itu bikin mabok:)

8 komentar:

jho mengatakan...

tuku nengdhi sing enak shan.....jd pingin nyobo

Shanti Fahlevi mengatakan...

Yang paling enak di matar kadeem, belokan kiri pertama dari traffic light (bukan ujung yang jakarta lo..).depotnya diapit swalayan dan jus din din..

novi mengatakan...

wahhhh san,loe bikin laper aja sih?.......

Shanti Fahlevi mengatakan...

Coba di warung Aceh Nov..:))

Poppy mengatakan...

bedanya sama roti "Cane" yg dari aceh itu apa ya bu?

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
shuka shoes mengatakan...

makanan apa tuh kayaknya enak banget

Shanti Fahlevi mengatakan...

Poppy: iyaa.. Sama kaya roti canai bu..

Suka Shoes: Ini macam kulit martabak gitu adonannya..