Kamis, Juli 10, 2008

It's about TIME..

Menjawab pertanyaan teman-teman tentang Latifah, dia "hanya" batuk pilek. Emang bukan penyakit berat sih, tapi bener-bener mengganggu karena dia baru saja sembuh dari batuk beberapa hari yang lalu. Mungkin ketularan lagi di nursery.. Akhirnya kemaren Latifah di rumah aja sama ayahnya yang baru saja pulang dari kerja malam, dan aku cuti (LAGI) setengah hari. Kali ini kita ga memberi obat ke dia, hanya ditetesin saline drops untuk melegakan hidung tersumbat. Too much already in one month..

"This kind of thing really makes you think, is it worth it to keep your carrier while your baby's health is on stake"


Kerja di kantorku, Singapore Embassy, bisa dikatakan enak banget. Jam kerja yang Cuma 8.30 – 3.30 (tapi sekarang pulang jam 2.30 karena menurut Qatar Labor Law wanita setelah melahirkan boleh mendapat diskon jam kerja 1 jam), cuti setahun 31 hari kerja (kurleb 1,5 bulan yah), dan setahun yang bisa sampe 15 kali gaji tergantung performance pribadi dan perkembangan ekonomi di Singapore. So jika keadaan ekonomi di Singapore membaik ya kita dapat bonus, kalo sedang stagnan ato menurun tentunya ga dapat. Belum lagi karena kerja di embassy ya kita ikut libur a la pemerintah Qatar yang kalo lebaran, baik idul fitri maupun idul adha bisa sampe 9 hari.

Sebenarnya juga aku diberi keleluasaan untuk mengatur cuti, misalnya seperti Juni kemaren dalam sebulan aku bisa cuti 3 hari tidak secara berurutan dengan alasan menjaga Latifah. Dan karena Latifah sakit pun aku bisa ambil cuti secara mendadak. Tapi kemaren ketika aku minta cuti setengah hari bosku akhirnya berkata,” Apa seterusnya seperti ini. Setiap kali anakmu sakit kamu minta cuti? “ . YA IYALAH… (dalam hati tapi). Okey, I really sound so unprofessional. Mungkin kalo kerja di perusahaan, bosku ga akan ngasi cuti seenak udel e kaya sekarang. Ga boleh lagi kaya gitu, itu namanya mis-use dan abuse kepercayaan.

So setelah further discussion dengan suami tertjintah, yang memang pengennya supaya aku di rumah aja sama Latifah.. aku memutuskan untuk RESIGN. It is hard.. dan sampe sekarang pun belum bikin resignation letter, besok lah..

Aku percaya bahwa rejeki itu Allah yang ngatur, dan alhamdulillah meski aku tidak bekerja pun kebutuhan rumah tangga masih tercukupi.. Aku bekerja memang sebagian besar untuk eksistensi diri. Tapi kekhawatiranku bukan itu. Aku pernah dalam situasi idle selama 3 bulan pertama di Qatar, dalam proses pencarian kerja yang jam kerja dan benefitnya pas bagi aku. Aku sangat menikmati 2 bulan pertama karena juga masih “manten anyar”. Belajar masak dari Bu Tami, dari internet, ngerjain pekerjaan rumah, dan begitu-begitu deh. Tapi setelahnya jiwaku seperti hampa. Ditinggal suami kerja, Cuma internetan. Makan dan beberes kasur pun malas, palagi beberes rumah. Yang ada bete melulu seharian.

Tapi itu kan DULU, belum ada Latifah.. semoga nanti aku tetep baik-baik aja dan malah menyenangi being a full housewife, yang menurutku JAUUUUH lebih berat daripada working mom. Salut kepada semua ibu rumah tangga out there..

Sisi positifnya : kalo ga kerja kan bisa kemana-mana kalo pagi.. itu penting sekali dalam acara berburu SALE!!! Yah sodara-sodara.. di sini kalo awal acara sale pasti heboh karena pilihan barang masih banyak. Trus bisa main ke rumah temen.. ikut pengajian ibu-ibu... Anyway, suamiku itu tipe family man yang suka bantu beresin kerjaan rumah tangga. Beliau lah yang biasanya bersihin rumah, ngepel, menjemur baju, kadang masak juga, dan tentunya juga jagain Latifah donk. Gantiin popok waktu beol pun juga bisa, palagi sekedar mandiin. HEBAT kan?? So far I have nothing to worry about. Jujur deh, aslinya pas nulis posting ini lagi ga bisa bobo.. Sudah lelah mata ini untuk menangis (yang I dunno what is it for), dan habis nenenin malah ga bisa bobo..padahal biasanya ikut pulesss..

2 komentar:

uMiNa sYaMiL BeR-sToRy mengatakan...

Hihi..baca postingannya mbak shanti,aku seperti menemukan diriku disini. Bimbang akan jati diri yang sebenarnya,antara working mom n at home mom. Ada msanya aku negrasa ga maksimal banget sih jadi manusia n keinginannya selalu berubah-ubah. Pas Resign 5 bulan lalu aku yang biasa kerja pingin ah nyari-nyari kerjaan jadi guru TK,pas udah kerja (walau bukan guru TK) pengen resign lagi..dampak kelabilaku ini otomatis berpengaruh ke rasa serba ga maksimalnya peranku dalam hidup ini mbak. Jadi karyawan ingetnya rumah muluu n pingin pul cepet2. jadi ibu tentunya ga bisa full nemenin main n make sure tg gizi n tumbuh kembangnya,scr kerja gitu. Jadi istri pul kerja cape,males ngapa2in,akhirnya pasrah serba dibantu pembantu. Jadi hamba Allah,suka sok sibu apa2 ga sempet n ga maksimal..haha..daku jadi curhat niy..Sampe sekarang tetep niy masih cari jati diri,aku mau apa sih di hidup yang cuma sebentar ini sebenernya?dan kuncinya memang di mindset kita ternyata.Ah susahnya merubah si mindset itu. Dulu waktu SMA sibuk cari jati diri,sekarang tetep ngerasa cari jati diri dengan peran super ganda,istri,ibu,karyawati,anak,masyarakat dan hamba Allah. Smoga kita semua mendapat pencerahan ya dan selalu dibimbing ma Allah tercinta.

Shanti Fahlevi mengatakan...

Ya.. sekarang aku masi bekerja bu.. tapi nanti Insya Allah pengen jadi full time mom beneran.. someday..:)